Cara Mengatasi Anak Susah Tidur – Si kecil tidak mau tidur siang atau bangun tidur minta main tengah malam? Jangan khawatir, anak sulit tidur di malam hari adalah hal yang wajar. Pertanyaan yang sering muncul slot garuda adalah kenapa balita susah tidur? Jangan bingung, Bu. Yuk pelajari penyebab dan cara mengatasi anak susah tidur bersama Bebeclub.

Penyebab anak susah tidur

Kenapa anak susah tidur? Belum ada teori yang pasti mengenai penyebab anak susah tidur. Seringkali, Anda sebenarnya bisa mengatasi masalah ini dengan sedikit mengubah kebiasaan atau aktivitas sehari-hari, sehingga Anda bisa tidur lebih nyenyak di malam hari. Berdasarkan pengamatan sejumlah ahli, beberapa faktor yang sering menyebabkan gangguan tidur pada balita adalah:

1. Pola Makan Anak Mempengaruhi Kualitas Tidur Malam

Balita yang tidak terbiasa makan teratur dan cenderung diberi makan saat diminta, cenderung mudah lapar. Perutnya tidak sekosong saat tidur malam. Solusinya adalah dengan menerapkan pola makan teratur (3x makan, 2x snack) yang akan membuat Si Kecil mengonsumsi lebih banyak makanan selama jam aktifnya. Dengan demikian, perut terisi dengan baik saat tidur di malam hari.

2. Kelelahan

Balita yang kelelahan berisiko mengalami kesulitan tidur nyenyak lho, Mom. Jadi, cobalah buat rutinitas waktu tidur dan istirahat siang untuk si kecil. Sehingga tubuh terhindar dari kelelahan. Di malam hari, biasakan meredupkan lampu sesaat sebelum tidur. Lampu redup juga akan membuat si kecil tidur lebih nyenyak.

3. Stimulasi yang berlebihan bisa menjadi salah satu penyebab insomnia pada anak

Mengajaknya bermain atau memberinya stimulasi untuk aktif memang baik untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Tapi, usahakan agar si kecil lebih rileks sebelum tidur malam. Membaca buku cerita atau memutar musik pengantar tidur akan menjadi solusi efektif untuk membuat otak dan tubuh si Kecil lebih rileks, hingga akhirnya tertidur pulas.

4. Si Kecil Merasa Tidak Nyaman

Saat merasa tidak nyaman, anak cenderung sulit tidur. Coba cari tahu, mungkin si kecil kedinginan, kepanasan, atau baju tidur yang dipakainya kurang nyaman