Cara Mengatasi Kulit Kering – Kulit kering sbobet88 login seringkali dianggap mengganggu penampilan seseorang. Ciri-ciri kulit kering antara lain permukaan kulit terasa kasar, berisik, gatal, mengelupas, dan mudah iritasi sehingga cenderung membuat kulit tampak tidak sehat. Namun jangan khawatir, karena ada berbagai cara mengatasi kulit kering yang bisa Anda coba agar kulit menjadi lebih lembut.

Cara Mengatasi Kulit Kering

Perawatan utama untuk kulit kering adalah menjaga kelembapan dan kesehatan kulit. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kelembapan kulit.

1. Rajin Membersihkan Kulit Dengan Lembut

Salah satu cara mengatasi kulit kering adalah dengan membersihkan kulit menggunakan jenis produk pembersih yang lembut. Menggunakan produk dengan komposisi yang terlalu kuat justru akan mengikis minyak alami kulit dan membuatnya semakin kering.

Jika kulit Anda terasa kencang dan kering setelah Anda membersihkannya dengan produk tertentu, maka ada kemungkinan produk tersebut mengandung bahan yang terlalu keras untuk kulit Anda. Dalam memilih produk pembersih, usahakan untuk menghindari kandungan alkohol, sodium lauryl sulfate, dan wewangian karena dapat mengurangi kelembapan kulit.

2. Tingkatkan asupan air Anda

Salah satu komponen yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit adalah kolagen. Kolagen yang cukup dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, padat, dan elastis. Namun, perlu diketahui bahwa protein khusus ini membutuhkan air agar dapat bekerja secara optimal.

Selain itu, hampir 80% tubuh terdiri dari air. Dengan demikian, berkurangnya kadar air dalam tubuh akan berpengaruh pada organ-organ di dalamnya, termasuk kulit. Jadi, jika tubuh kekurangan asupan air, kulit akan lebih mudah kering dan bersisik.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi air putih. Usahakan penuhi kebutuhan cairan harian tubuh Anda dengan minum air putih sebanyak 2 liter setiap hari.

3. Rutin Gunakan Produk Pelembab

Kunci untuk mengatasi kulit kering spaceman slot adalah dengan menggunakan pelembab secara rutin. Penggunaan pelembap berguna untuk melindungi lapisan pelindung kulit dari kerusakan dengan menjaga kelembapan kulit.

Untuk menjaga kelembapan kulit sepanjang hari, pilihlah produk dengan kemampuan melembabkan yang tinggi. Anda bisa menggunakan produk yang mengandung ceramide, shea butter, gliserin, asam stearat, dan asam laktat.

Waktu terbaik untuk menggunakan pelembab adalah setelah mandi. Saat ini, kulit masih terasa lembap sehingga kulit akan lebih mudah menyerap bahan-bahan yang ada di dalam produk. Gunakan pelembab setidaknya dua kali sehari untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Pelembab yang digunakan bisa berupa lotion hingga krim.

4. Makan Makanan Yang Baik Untuk Kulit

Cara mengatasi kulit kering juga bisa dilakukan dari dalam, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang menyehatkan kulit. Selain cairan, kulit juga membutuhkan berbagai nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya.

Beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh kulit antara lain vitamin A, C, E, dan K yang mampu meremajakan dan menjaga kolagen kulit agar tampak sehat, kuat dan padat. Vitamin ini bisa didapatkan dari asupan buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian utuh.

Nutrisi lain yang tak kalah pentingnya adalah lemak tak jenuh. Jenis lemak baik ini diketahui mampu memperbaiki sel kulit yang rusak. Anda bisa mendapatkan asupan lemak tak jenuh dengan mengonsumsi salmon, alpukat, dan kacang-kacangan.

5. Melindungi Kulit dari Udara Dingin

Kulit kering tidak hanya dipengaruhi oleh udara panas. Pasalnya, udara dingin juga bisa mengurangi kelembapan kulit dan menyebabkan kulit menjadi kering. Jika Anda memiliki kulit kering, pastikan untuk menggunakan pelembap dan menutupinya saat cuaca dingin. Jika diperlukan, Anda bisa menggunakan humidifier yang dapat membantu menjaga kelembapan udara.