Site icon RSUD Kapuas | Informasi dan Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Makan Buah Setiap Hari Bagi Tubuh

5 Manfaat Makan Buah Setiap Hari Bagi Tubuh

Manfaat Makan Buah – Buah dikenal sebagai sumber nutrisi penting, seperti serat, vitamin, dan mineral. Tapi, tahukah kamu apa saja manfaat makan buah setiap hari? Seperti yang sudah disebutkan selama ini, ada segudang manfaat buah bagi kesehatan tubuh, salah satunya mencegah risiko diabetes.

Di sisi lain, buah yang mengandung vitamin C dan E ternyata memiliki khasiat dalam menjaga kesehatan kulit. Selengkapnya, yuk cari tahu sederet manfaat buah-buahan dalam ulasan berikut!

Manfaat Buah untuk Kesehatan

Menyadari manfaat kesehatan dari makan buah, sepertinya tidak ada habisnya. Dilansir dari World Health Organization (WHO), diketahui sekitar 2,8% atau sebanyak 1,7 juta orang meninggal karena jarang mengkonsumsi buah dan sayur.

Berkaitan dengan hal tersebut, WHO merekomendasikan agar setiap orang mengkonsumsi buah minimal 150 gram per hari. Selain menjaga kesehatan anggota tubuh dan mencegah berbagai penyakit, manfaat makan buah juga bisa dirasakan secara langsung maupun dalam jangka panjang, seperti:

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Pemeriksaan Gigi Rutin, Apa Saja?

1. Menjaga Berat Badan

Manfaat makan buah yang pertama adalah mampu menjaga berat badan ideal di dalam tubuh. Tidak hanya dimakan langsung, manfaat mengkonsumsi buah juga cocok sebagai menu diet sehat.

Maka dari itu, jangan heran jika Anda sedang menjalani program diet, pasti ada menu buah di dalamnya. Selain itu, buah-buahan kaya akan serat sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk diproses oleh tubuh, sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama.

Beberapa buah diketahui juga mengandung polifenol, yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol dan Tekanan Darah

Selain membantu program diet, manfaat makan buah juga bisa dirasakan untuk menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

Salah satu jenis serat larut yang disebut pektin, diketahui dapat menurunkan kolesterol hingga 10%, terdapat pada buah-buahan seperti apel, anggur, buah jeruk, dan stroberi.

Hal ini dapat mendorong tubuh Anda untuk menyingkirkan kolesterol. Sebagian besar manfaat buah ini karena serat dan antioksidan yang dikandungnya.

3. Mencegah Kerusakan Sel Dalam Tubuh

Ada beberapa jenis buah yang memiliki nutrisi tinggi dan bersifat antioksidan, sehingga dapat mencegah pembentukan radikal bebas di dalam tubuh.

Radikal bebas adalah senyawa terkecil yang memiliki kandungan oksigen dan elektron yang tidak seimbang. Oleh karena itu, radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh.

4. Mencegah dan Mengatasi Masalah Pencernaan

Saat mengalami masalah pencernaan, biasanya sebagian orang akan mencari buah-buahan sebagai solusinya. Kondisi ini dibuktikan dengan manfaat mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung serat untuk memenuhi kebutuhan tubuh sehingga mengurangi masalah pencernaan.

Namun sebagai catatan, kandungan serat memiliki dua jenis, yaitu larut air dan tidak larut. Dalam kondisi masalah sembelit, tubuh membutuhkan serat yang larut dalam air, karena akan menyerap air di usus yang membuat feses mudah keluar.

Sementara itu, serat yang tidak larut dalam air akan membantu menambah jumlah kotoran di usus, sehingga feses menjadi lebih padat dan mudah dikeluarkan.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Sebuah tinjauan studi penelitian menemukan bahwa manfaat makan buah jika dikonsumsi setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 7%.

Hal ini karena beberapa buah mengandung senyawa bioaktif yang memiliki efek antioksidan dan anti inflamasi yang dapat membantu mencegah penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya.

Exit mobile version