Tips Menjaga Kesehatan Pernapasan – Udara memegang peranan penting bagi manusia untuk bertahan hidup. Untuk itu diperlukan udara bersih agar organ tubuh terutama paru-paru dapat menjalankan tugasnya slot server filipina dengan optimal. Namun, polusi udara di Jakarta khususnya membuat udara di kota ini sangat tidak layak untuk dihirup.

Berbicara tentang polusi udara, polusi Jakarta adalah salah satu yang tertinggi di dunia. Padahal, kualitas udara di Jakarta lima kali lipat lebih buruk dari baku mutu udara bersih yang ditetapkan WHO. Untuk itu, masyarakat yang tinggal di ibu kota Indonesia setidaknya harus melakukan 5 hal berikut untuk menjaga sistem pernapasan.

Mengenakan Masker Berkualitas

Polusi udara dapat memicu penyakit pada sistem pernapasan, seperti asma yang lebih sering kambuh, infeksi saluran pernapasan, dan kanker paru-paru. Penyakit ini berkaitan erat dengan kualitas udara yang dihirup seseorang sepanjang hidupnya. Jika kualitas udara semakin buruk setiap hari, maka kemungkinan penyakit tersebut dapat menyerang usia produktif.

Bagi masyarakat Jakarta untuk mengatasi polusi udara dapat menggunakan masker. Namun tidak sembarangan, minimal masker yang wajib dipakai adalah standar N-95. Masker ini bahkan bisa menyaring partikel debu di udara yang bisa masuk ke sistem pernapasan.

Pengecekan Kondisi Udara Sebelum Beraktivitas

Selain pencegahan seperti memakai masker, Anda juga bisa melakukan pencegahan lain seperti mengecek kondisi udara sebelum keluar rumah. Saat ini banyak sekali aplikasi yang bisa kamu download untuk melihat seberapa sehat udara di kota Jakarta. Pencemaran di Jakarta tidak lepas dari pertumbuhan penduduk yang tinggi di sana. Hal ini berbanding lurus dengan tingkat kepemilikan kendaraan bermotor yang melewati kota besar ini. Semakin banyak kendaraan, asap dapat memperburuk kualitas udara di kota ini.

Baca juga: 5 Manfaat Makan Buah Setiap Hari Bagi Tubuh

Untuk itu Anda bisa membiasakan diri mengecek kualitas udara sebelum keluar rumah. Apakah Anda perlu memakai masker kualitas N-95 atau bahkan membutuhkan masker jenis industri P-100 saat berjalan di jalanan ibu kota.

Investasikan dalam Pembersih Udara

Tingginya tingkat polusi di Jakarta juga mempengaruhi kualitas udara di dalam rumah. Terutama mereka yang memiliki perumahan di dekat kawasan industri atau jalan raya yang ramai. Butuh sirkulasi udara yang baik agar udara di dalam rumah tidak terlalu buruk. Selain lebih memperhatikan sirkulasi udara di dalam rumah, berinvestasi pada peralatan seperti air purifier juga bisa menjadi solusi. Penjernih udara sangat berguna untuk menetralkan polusi di area pemukiman agar udara dapat terhirup dan tidak terkontaminasi partikel berbahaya.

Mengubah Kebiasaan Makan

Ada hal lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan organ pernafasan yaitu dari dalam tubuh. Artinya, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Banyak penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang lebih sehat membuat sistem kekebalan tubuh lebih tahan terhadap serangan dari luar.

Hindari Sumber Polusi Udara

Jalanan ibu kota yang padat menghasilkan lebih banyak polusi udara daripada jalan yang sepi. Pencemaran ini terutama berasal dari pembakaran bahan bakar fosil dan kemungkinan mesin-mesin yang sudah tidak prima lagi. Jadi saat terjebak kemacetan lalu lintas, lebih banyak polusi slot gacor hari ini yang dihadirkan karena alasan ini.

Saat ingin beraktivitas, pilihlah daerah dengan tingkat polusi tinggi yang harus dihindari demi kesehatan paru-paru. Anda slot spaceman bisa mengecek di mana titik kemacetan dan jalan alternatif lainnya. Meski jalannya lumayan jauh, bisa jadi investasi kesehatan di masa depan.