Cara Menjaga Kesehatan Mata – Menatap ponsel aztec slot atau tablet selama berjam-jam dapat merusak kesehatan mata. Untuk itu, penting menjaga kesehatan mata di era digital bagi Anda yang sering menatap layar ponsel. Pada dasarnya, fokus pada objek yang sama, menatap ke satu arah secara terus menerus dan pada jarak yang sama dapat memberikan efek buruk pada otot mata, dan dapat merusak penglihatan.

Dikutip dari situs Kementerian Kesehatan, Profesor Chris Lohmann yang bekerja di Technical University Hospital di Munich, Jerman, mengatakan kebiasaan ini meningkatkan risiko penurunan ketajaman penglihatan jarak jauh.

“Biasanya kita berkedip setiap 10 detik. Tapi jika kita melihat layar, kita hanya berkedip setiap 30 atau 40 detik,” kata Profesor Chris Lohmann. Berkurangnya refleks kedip membuat mata lelah. Film air mata robek, dan mata mulai terasa gatal atau kering. Mata juga kehilangan kemampuan untuk fokus. Lantas, apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan mata?

Cara menjaga kesehatan mata bagi pengguna ponsel

Dirangkum dari laman Kemenkes dan Kemendikbud, berikut cara menjaga kesehatan mata bagi pengguna ponsel:

1. Gunakan mode gelap untuk mencegah kelelahan mata

Ada cara yang bisa membantu mengurangi kelelahan mata yaitu pengaturan mode gelap atau dark mode. Pengaturan mode gelap bisa ditemukan di sejumlah smartphone Apple dan Android dengan sistem operasi modern. Saat diaktifkan, latar belakang ponsel Anda menjadi lebih gelap dan teks menjadi lebih terang. Mode ini akan terasa lebih nyaman di mata, terutama di ruangan yang gelap. Menurut Profesor Chris Lohmann, setelan tersebut membuat mata lebih nyaman. Tapi itu bukan solusi untuk masalah mata kering atau lelah karena terlalu jarang berkedip.

2. Pertahankan visibilitas

Saat menggunakan perangkat, pastikan untuk menjaga jarak pandang yang aman sekitar 40-50 sentimeter dari layar. Dengan menjauhkan mata dari layar, Anda dapat mengurangi jumlah cahaya yang diterima mata dari layar.

3. Kurangi kecerahan layar

Selain menjaga visibilitas, Anda juga bisa mengurangi tingkat kecerahan layar pada perangkat yang sedang digunakan. Hal ini juga dapat membantu mata agar tidak cepat lelah akibat paparan cahaya dari layar smartphone.

4. Terapkan rumus 20-20-20

Juga, aplikasikan eye rest dengan formula 20-20-20 atau Rule of Twenty. Aturan Dua Puluh mengistirahatkan mata selama 20 detik setelah melihat layar selama 20 menit melihat objek yang berjarak 20 kaki atau sekitar 6 meter dari posisi mata.

5. Relaksasi mata

Untuk mengurangi beban kerja pada mata, Anda juga bisa merilekskan mata dengan menggosokkan kedua tangan. Kemudian, letakkan tangan hangat di atas kelopak mata yang tertutup atau pijat kedua pelipis dengan lembut.