Cara Meningkatkan Imun Tubuh – Imunitas merupakan kumpulan sel yang berfungsi melawan berbagai serangan virus dan bakteri penyebab penyakit di dalam tubuh. Oleh karena itu, penting bagi Anda result macau untuk mengetahui cara meningkatkan imunitas tubuh agar tubuh tetap fit.

Dengan meningkatkan imunitas tubuh maka aktivitas sehari-hari dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Yuk, simak cara menjaga imun tubuh secara lengkap melalui ulasan di bawah ini.

Cara Meningkatkan Imunitas

Ada banyak cara meningkatkan imunitas tubuh yang bisa Anda terapkan di rumah. Penerapan sejumlah gaya hidup sehat di bawah ini dianggap sebagai langkah yang paling efektif, berikut penjelasannya masing-masing.

1. Menerapkan Pola Makan Sehat Bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang mengandung makronutrien (karbohidrat, protein, dan lemak) dan mikronutrien (vitamin dan mineral) dapat membantu menjaga sistem imun dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sejumlah makanan sehat bergizi yang baik untuk imunitas tubuh antara lain buah-buahan, sayuran, ikan, susu, telur, daging, kacang-kacangan, dan yogurt.

Selain memilih makanan dengan gizi seimbang, Anda juga harus menerapkan jadwal makan teratur setiap hari mulai dari sarapan, makan siang hingga makan malam. Hindari kebiasaan membiarkan perut Anda kosong hingga Anda merasa lapar dalam waktu yang lama, karena hal ini dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit lambung.

2. Istirahat yang cukup

Memenuhi waktu tidur yang cukup yaitu 7-9 jam per hari merupakan salah satu cara menjaga imunitas tubuh yang wajib diterapkan.

Tubuh manusia memiliki gates of gatot kaca jenis protein yang berfungsi untuk melawan peradangan, infeksi, dan efektif untuk meningkatkan sistem imun tubuh, protein tersebut disebut sitokin. Jika Anda kurang tidur, tubuh Anda akan kesulitan atau hanya mampu memproduksi sitokin dalam jumlah sedikit. Tidur yang cukup dan berkualitas akan membantu tubuh memproduksi sitokin.

3. Rutin Berolahraga

Cara meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan infeksi lebih lanjut adalah dengan berolahraga secara rutin selama 30 menit per hari minimal 3-5 kali dalam seminggu. Tidak harus olahraga berat, kebiasaan ini bisa Anda mulai dengan olahraga ringan terlebih dahulu seperti bersepeda, jalan kaki, jogging, yoga hingga aerobik.

Kebiasaan berolahraga secara teratur dapat melancarkan sistem peredaran darah, sehingga nutrisi dalam tubuh dapat tersalurkan dengan baik. Seiring waktu, Anda dapat meningkatkan intensitas latihan Anda menjadi 6-7 kali seminggu atau mencoba jenis latihan lainnya.

4. Kelola Stres dengan Baik

Perlu diketahui bahwa stres bisa menjadi pemicu berbagai penyakit, apalagi jika Anda mengalami stres berlebihan dan tidak bisa mengendalikannya. Saat mengalami stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang berpotensi menurunkan daya tahan tubuh.

Salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan mengontrol stres. Anda bisa melakukan beberapa hal yang bisa membuat mood Anda baik, seperti melakukan hobi, meditasi, menonton film, atau melakukan perawatan diri.

5. Hirup Udara Segar

Setiap sel dalam tubuh bergantung pada pasokan oksigen. Inilah mengapa penting bagi Anda untuk mendapatkan udara segar dari alam, seperti udara segar di pagi hari. Tak hanya menyegarkan, menghirup udara sejuk bisa menjadi cara untuk meningkatkan imunitas tubuh dan membawa efek positif bagi tubuh.